Sering Disepelekan, Ini Penyebab Karang Gigi Jadi Menumpuk

Salah satu masalah gigi yang paling sering dialami adalah karang gigi. Meski demikian ternyata kebanyakan orang tidak menyadari jika mereka sedang memelihara karang pada gigi. Kondisi ini disebabkan karena plak yang dibiarkan mengeras dan tidak segera ditangani. Lantas sebenarnya apa sih penyebab karang pada gigi menjadi menumpuk dan susah dihilangkan?

Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika makanan yang lengket dan manis merupakan salah satu jenis makanan penyebab tumbuhnya plak pada gigi. Hal ini disebabkan karena jenis makanan ini cenderung mudah menempel di sela-sela gigi dan gusi. Jika hal ini terjadi maka, bagian ini bisa menjadi tempat dan sarang bagi bakteri dan mikro organisme untuk berkembang biak di sana.

Jarang Menggosok Gigi

Menggosok gigi merupakan cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Jadi jika Anda tidak menggosok gigi dengan rutin dan benar, maka makanan akan mudah tertinggal di sela-sela gigi dan gusi.

Makanan yang tertinggal pada sela-sela gigi dan gusi akan memicu timbulnya bakteri dan mikroorganisme untuk berkembang di saja. Dalam kondisi ini bakteri akan bersarang dan merusak gigi. Untuk itu pastikan Anda rutin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari agar terbebas dari masalah plak gigi yang mengeras dan menguning.

Merokok

Tak hanya memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan saja, ternyata merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya karang pada gigi. Hal ini disebabkan karena zat kimia yang terkandung pada rokok akan merusak enamel gigi. Tal hanya itu saja, orang yang merokok juga cenderung lebih mudah terkena karang pada gigi dibandingkan orang yang tidak merokok.

Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Karbohidrat Tinggi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang karbohidrat tinggi ternyata juga menjadi salah satu penyebab penumpukan plak di sela-sela gigi dan gusi. Hal ini disebabkan karena makanan berkarbohidrat tinggi cenderung disukai mikroorganisme di dalam mulut. Jadi sisa makanan karbohidrat tinggi jika tidak disikat dengan baik akan menjadi tempat bakteri berkembang biak.

Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayur

Ya buah dan sayur memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh saja. Ternyata kurang mengonsumsi buah dan sayur juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya plak pada gigi. Menggigit serta mengunyah makanan ini secara rutin membantu membersihkan sisa makanan secara alami.

Nah di atas merupakan beberapa penyebab timbulnya karang gigi yang mengeras. Setelah mengetahui penyebabnya maka Anda akan lebih mudah melakukan tindakan pencegahan agar plak pada gigi tidak menumpuk. Selain itu jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan mulut dan gigi agar terhindar dari masalah plak gigi yang menumpuk dan susah dibersihkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *